Nutrisi Sehat Bantu Bumil Lebih Kuat di Trimester Pertama Kehamilan

Nutrisi Sehat Bantu Bumil Lebih Kuat di Trimester Pertama Kehamilan

written by : MAKUKU - 5 Okt 2021

Viewed : 17 times  Read duration : Page Views : 470 times

Kebutuhan nutrisi dan gizi yang seimbang harus selalu terpenuhi, khususnya di trimester pertama kehamilan. Pada usia kehamilan 0 - 12 minggu, janin membutuhkan nutrisi baik demi menunjang perkembangannya.

Oleh karena itu, Bumil tidak boleh sembarang memilih asupan karena harus memikirkan pertumbuhan calon bayi di awal kehidupannya. Jika Bumil masih, risiko gangguan kesehatan pada janin bisa meningkat. Tak menutup kemungkinan, hal terburuk seperti keguguran akan terjadi jika Bumil lalai menentukan asupan makanan.

Menurut Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi (Obgyn) Rumah Sakit St. Carolus dr. Royanto Darmaputra, SpOG, pemenuhan nutrisi pada kehamilan trimester pertama merupakan hal mutlak yang harus diterapkan oleh Bumil.

Kehamilan trimester pertama merupakan fase awal pembentukan seperti halnya membangun rumah. Untuk itulah, dr. Royanto sangat menyarankan Bumil untuk berhati-hati dalam pemilihan makanan.

"Saya sangat bawel perihal makanan untuk Bumil di trimester pertama. Kenapa? Jika diibaratkan rumah, yang paling penting adalah pondasi. Kalau pondasinya tidak kuat maka rumah akan roboh. Sama halnya dengan kehamilan trimester pertama yang membutuhkan nutrisi untuk menunjang tahap awal pembentukan bayi," ujar dr. Royanto dalam dialog eksklusif bersama Team Makuku Family beberapa waktu lalu.

Dokter yang kerap disapa Roy ini menambahkan, aturan makanan sehat pada bumil sejatinya tidak jauh berbeda dengan waktu sebelum mengandung. Ia mencontohkan tagline menu makanan '4 sehat 5 sempurna' menjadi acuan tiap kali Bumil bersantap.

Menurutnya, nutrisi yang wajib dipenuhi Bumil selama kehamilan trimester pertama antara lain :

  1. Protein

Menurut dr. Roy, peran protein dibutuhkan agar semua bahan baku pembentukan jaringan tubuh dapat tercukupi. Selain itu, protein juga berperan dalam membantu sistem imun Bumil agar tidak mudah sakit.

"Kenapa harus protein? Karena protein adalah bahan baku utama pembentukan jaringan apapun dalam pertumbuhan janin. Protein harus selalu terpenuhi, minimal 1 butir telur setiap harinya," ujar dr. Roy.

Selain telur, rekomendasi makanan kaya protein yang wajib dikonsumsi Bumil antara lain daging tanpa lemak, ikan dan juga kacang-kacangan atau tahu tempe sebagai sumber protein nabati.

  1. Karbohidrat & lemak sehat

Karbohidrat & lemak dikenal sebagai sumber energi utama bagi tubuh. Begitupun dengan Bumil, asupan karbohidrat jangan sampai terlewatkan agar aktivitas tidak terganggu.

Menurut dr. Roy, karbohidrat dan lemak merupakan zat pelengkap protein untuk menjaga stamina bumil beserta bayi di dalam kandungan. Perubahan fisik dan juga emosional yang dialami bumil tentunya dapat menyebabkan tubuh menjadi lebih lelah.

"Jadi, kalau sudah ada bahan baku (protein), mesinnya tidak akan bekerja tanpa adanya bensin (karbohidrat) sebagai sumber energinya. Sel - sel dalam tubuh akan bekerja bila ada energi yang berasal dari karbohidrat dan lemak," ujar dokter yang menamatkan pendidikan kedokteran di Universitas Tarumanegara tahun 2000 ini.

Asupan karbohidrat untuk bumil bisa didapatkan dari beras merah, gandum utuh, buah-buahan dan juga sayuran seperti kentang, jagung dan brokoli. Sementara asupan lemak sehat bisa didapatkan dari ikan, alpukat dan juga kacang-kacangan.

Meski karbohidrat merupakan sumber energi, Bumil harus membatasi kuantitas konsumsinya. Menurut rekomendasi Kementerian Kesehatan, Bumil disarankan untuk memenuhi asupan karbohidrat antara 300-350 gram setiap harinya.

  1. Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral yang paling penting untuk bumil trimester pertama adalah asam folat. Zat ini berperan penting dalam pembentukan sel otak bayi selama berada dalam kandungan. Sumber asam folat bisa didapatkan dari sayuran hijau, asparagus dan juga alpukat.

"Kekurangan asupan asam folat pada bumil dapat mengakibatkan kecacatan, gangguan penutupan tabung saraf di sumsum tulang bayi," ujar dr. Roy.

Ia menambahkan, bumil membutuhkan asupan vitamin dan mineral lainnya seperti zat besi, kalsium dan Vitamin B3.

Zat besi dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh termasuk pada janin. Kalsium dibutuhkan untuk pembentukan jantung, saraf dan juga otot calon jabang bayi. Sementara vitamin B3 dibutuhkan untuk meningkatkan fungsi saluran cerna, serta mengurangi rasa mual.

"Kalau kekurangan zat besi bayi akan mudah terjadi keguguran. Acuannya sederhana, bumil harus makan 4 sehat 5 sempurna," ujar dr. Roy.

Zat besi dapat diperoleh dari daging sapi, telur, biji-bijian dan juga kacang-kacangan. Kalsium yang dibutuhkan ibu hamil berasal dari sayuran hijau dan kacang-kacangan. Sementara vitamin B3 bisa diperoleh dari protein hewani termasuk ikan, roti dan biji-bijian. Untuk melengkapi santapan penuh nutrisi, Bumil disarankan untuk minum susu secara teratur.

Lalu, apa saja pantangan santapan di trimester pertama kehamilan?

Roy menuturkan bahwa ibu hamil tidak memiliki pantangan tertentu dalam makanan selama memenuhi formula '4 sehat 5 sempurna' seperti yang disebutkan diatas. Pada prinsipnya, lanjut dia, makanan itu harus bersih dan terjaga higienitasnya.

Namun, beberapa catatan yang harus ditaati oleh bumil yaitu tidak boleh mengonsumsi alkohol, merokok dan juga obat terlarang. Ia juga menyarankan bumil untuk tidak mengkonsumsi makanan fermentasi.

"Apapun makanan yang kita makan sebelum hamil, boleh dikonsumsi asalkan mencukupi proteinnya, ada karbohidrat, lemak vitamin dan mineral lalu ditambah susu," ujar dr. Roy.

Nah, buat calon Moms yang sedang melewati masa kehamilan trimester pertama, semoga informasi diatas cukup membantu ya. Ikuti terus informasi menarik dan juga tips parenting lainnya lewat website Makukufamily.co.id atau Follow akun instagram kami di @makuku.indonesia.official

dr. Royanto Darmaputra, SpOG

RS Carolus Jakarta

dr. Royanto Darmaputra, SpOG

RS Carolus Jakarta

KEHAMILAN

KEHAMILANSEHAT

ibuhamil

STCAROLUS

OBGYN

TRIMESTER

TRIMESTERKEHAMILAN

NUTRISIHAMIL

KEHAMILANTRIMESTERPERTAMA

RSCAROLUS

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
AHLI
Mulai Era SAP, MAKUKU Luncurkan Popok Terbarunya

Salah satu cara orang tua dalam memberikan hal terbaik untuk anaknya adalah dengan memilihkan popok yang tepat. Pemilihan popok menjadi sangat penting karena popok dapat berdampak pada perkembangan dan kesehatan si kecil. Efek negatif yang ditimbulkan akibat pemilihan popok yang kurang tepat yaitu ruam popok. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut, MAKUKU berinovasi dengan kembali meluncurkan popok dengan SAP (Super Absorbent Polymer) yang ultra slim.

MAKUKU
2022-03-17 11:42:40
0 Comment
AHLI
Mitos & Fakta Perawatan Tali Pusar Bayi 'Newborn' yang Wajib Moms Tahu!

Banyak masyarakat yang belum bisa membedakan mitos dan fakta seputar perawatan tali pusar bayi baru lahir. Simak penjelasan selengkapnya di artikel ini!

MAKUKU
2021-08-18 17:09:51
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
AHLI
Perbedaan Dermatitis Popok dan Dermatitis Atopik

Pahami perbedaan antara ruam popok bayi dan dermatitis atopik, serta tips bagi Moms untuk mengatasi kondisi saat Si Kecil mengalaminya.

MAKUKU
2024-02-23 15:22:35
0 Comment
AHLI
Salep Ruam Popok Rekomendasi Dokter

Lindungi kulit bayi dari ruam popok dengan salep rekomendasi dokter. Skin care penting untuk kulit sensitif bayi.

MAKUKU
2024-02-23 12:20:43
0 Comment