Mewujudkan Cita-Cita si Kecil, Apa yang Harus Dilakukan Parents?

written by : MAKUKU - 25 Okt 2021

Viewed : 22 times  Read duration : Page Views : 733 times

Setiap anak tentunya memiliki cita-cita atau impian yang ingin mereka raih. Bertepatan dengan momentum Hari Dokter Sedunia 24 Oktober 2021 , profesi dokter tentunya menjadi salah satu cita-cita favorit anak yang tak akan lekang oleh zaman.

Beberapa profesi lain seperti guru, pilot atau penyanyi juga menjadi cita-cita favorit bagi anak-anak. Atau yang terbaru, selebgram dan youtuber juga tak luput menjadi impian si Kecil mengingat masifnya penggunaan gadget.

Nah, Bagaimana dengan si Kecil di rumah? Apakah sudah memiliki cita-cita, Moms? Terlepas dari apapun cita-cita yang dimiliki si Kecil, peran Moms sebagai orang tua adalah memberikan dukungan sepenuh hati.

Sebaiknya Moms dan Daddy tidak  menjatuhkan impian anak meski cita-citanya terdengar sedikit berlebihan. Siapa tahu, impian si Kecil menjadi dokter,astronot guru atau pemain bola sekalipun bisa terwujud di masa mendatang. Moms & Dads dianjurkan untuk tidak membatasi minat dan imajinasi anak namun tetap memberikan bimbingan.

Berikut bentuk dukungan yang dilakukan Parents dalam mendukung cita-cita anak :

  1. Kenali Potensi Anak

Luangkan waktu Moms & Dads untuk banyak berbicara dengan si Kecil. Temani si Kecil saat ia bermain dan temukan kemampuan apa yang dimiliki si Kecil.

Di sela-sela waktu bermain, selipkan pertanyaan seperti "Dek, cita-cita kamu nanti apa?" atau "Kalau udah besar, Kamu mau jadi apa?". Jika si Kecil sudah memiliki cita-cita, ceritakan padanya terkait profesi yang dia inginkan. Parents juga bisa memutarkan video singkat tentang profesi tersebut agar si Kecil semakin termotivasi. Jangan lupa, untuk memberikan respon positif agar si Kecil merasa dihargai dan didukung.

  1. Berikan Fasilitas Penunjang

Jika si Kecil memiliki impian menjadi dokter, Parents bisa menyiasati dengan memberikannya buku-buku bergambar dokter atau mainan alat kesehatan. Saat usianya semakin dewasa, Parents bisa mengenalkan dunia kedokteran lewat film, ajak ke tempat praktik, laboratorium atau mengikuti kegiatan les tertentu.

Contoh lain jika si Kecil memiliki cita-cita menjadi pemain sepak bola, Dads harus siaga menemaninya menonton pertandingan bola dan membelikan sepatu di hari ulang tahunnya.

  1. Menjadi Contoh yang Baik

Anak adalah cerminan dari bentuk pola asuh orang tua. That's why, Parents harus memberikan suri tauladan yang baik bagi anak-anak dalam menjalani kehidupan. Beberapa sikap yang harus ditanamkan Parents untuk mewujudkan cita-cita seperti kerja keras, penuh semangat, berpikiran positif, bertanggung jawab dan pantang menyerah.

  1. Jangan Paksa Anak

Anak memiliki point of view sendiri dalam memandang kehidupannya. Jika Moms suka dengan satu hal, belum tentu hal serupa terjadi pada si Kecil. Begitupun dengan cita-cita, jangan pernah menyamakan persepsi Moms dengan si Kecil.

Biarkan si Kecil memiliki impian tanpa harus mengikuti kemauan orang tua akan rencana masa depannya. Semua orang tua ingin memberikan yang terbaik untuk buah hatinya. Tugas Moms adalah mendukung, mengawasi dan mendampingi si Kecil saat ia gagal, Bukan menentukan mana cita-cita terbaik untuk si Kecil.

Selain bentuk dukungan, Parents juga harus memberikan bimbingan pada anak dalam mewujudkan impiannya. Meskipun pada akhirnya nantinya bisa saja berubah, memiliki cita-cita atau impian ternyata bermanfaat untuk tumbuh kembang si Kecil.

Pertama, anak akan merasa termotivasi untuk meraih suatu hal yang ia inginkan. Kedua, anak akan terbiasa untuk mempelajari hal baru demi tercapainya impian. Terakhir, memiliki cita-cita juga akan menumbuhkan pemahaman konsep usaha dan kerja keras sejak dini serta memberikan kesempatan untuk menghadapi masalah saat dewasa kelak.

Nah, apakah Moms siap untuk mendukung cita-cita si Kecil? Bersama Makuku Family, yuk berikan pola asuh terbaik untuk buah hati tercinta. Ikuti terus sosial media kami untuk mendapatkan informasi menarik beserta artikel terbaru terkait dunia parenting. Sebagai konsultan Ibu dan Anak, Makuku Family siap mendukung tumbuh kembang si Kecil lewat berbagai produk penunjang bayi berkualitas serta layanan konsultasi parenting secara gratis dengan dokter dan expert di bidangnya. So, ajak si Kecil untuk berkunjung ke Makuku Store terdekat untuk mendapatkan pengalaman belanja paling menyenangkan.

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Ruam Popok: Gejala dan Pengobatan yang Harus Anda Ketahui

Ruam popok dapat membuat kulit bayi menjadi merah, melepuh, kering, dan bersisik. Kenali jenis ruam popok pada bayi dan cara mengatasinya di artikel ini

MAKUKU
2022-02-21 11:41:39
0 Comment
GAYA HIDUP
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Kesalahan memilih popok bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga kesehatan bayi, gunakan Makuku Air Diapers yang berbeda dengan popok lainnya

MAKUKU
2021-11-25 11:34:07
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
10 Mall Ramah Anak di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Temukan 10 mall ramah anak di Jakarta dengan fasilitas bermain, hiburan, dan restoran khusus untuk keluarga. Ideal untuk liburan seru bersama si kecil!

MAKUKU
2024-06-03 09:50:34
0 Comment
GAYA HIDUP
5 Wisata Anak di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Jelajahi Serunya Wisata Anak di Jakarta! Temukan Rekomendasi Tempat Liburan Edukatif dan Menghibur untuk Buah Hati Anda.

MAKUKU
2024-05-14 12:32:57
0 Comment