Pentingnya Peran Ayah Dalam Mengasuh Anak

Pentingnya Peran Ayah Dalam Mengasuh Anak

written by : MAKUKU - 3 Nov 2021

Viewed : 29 times  Read duration : Page Views : 885 times

Biasanya pihak istri yang memikul tugas lebih banyak dalam mengasuh anak. Padahal merawat anak adalah kewajiban suami-istri. Ya, peran dan sosok ayah sangat penting dalam pola asuh yang akan memengaruhi tumbuh kembang si kecilnya nantinya.

Dilansir dari laman resmi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, anak yang tidak mendapatkan peran ayah di usia pengasuhan yakni antara 7-14 tahun dan 8-15 tahun akan terjadi ketimpangan antara pertumbuhan dan perkembangannya. Hal ini biasanya disebabkan para orang tua hanya fokus pada pertumbuhan si kecil. Dampaknya, si kecil mengalami kemunduran usia perkembangan dibandingkan pertumbuhannya karena kurangnya stimulan dari kedua orang tuanya.

Indonesia sendiri termasuk dalam 10 besar negara dengan fatherless , kondisi dimana ayah hanya hadir secara fisik tetapi tidak terlibat dalam perkembangan anak. Pada dasarnya terdapat tiga peran ideal seorang ayah yakni menyambung keturunan, mencari nafkah dan peran ayah yang terdiri dari loving, coaching, modelling (mencintai, melatih dan menjadi model). Sayangnya, peran seorang ayah mulai tergeser dengan peran pengasuh di luar keluarga inti seperti baby sitter.

Dengan kata lain, peran ayah bisa memengaruhi kehidupan sosial, nilai akademis atau pendidikannya serta masa depan si Kecil. Adapun dampak dari pentingnya peran seorang ayah sebagai berikut:

Berpengaruh pada kesuksesan anak

Institusi Father Involvement Research Alliance menemukan fakta bahwa anak yang berkembang dengan keterlibatan seorang ayah, pada anak perempuan maka ia akan tumbuh sebagai anak yang percaya diri. Sementara pada anak laki-laki akan membuatnya lebih terarah. Sehingga mereka bisa mendapatkan pendidikan yang tinggi dan karir yang baik.

Bekal untuk masa depan keluarganya

Ayah akan menjadi model yang dicontoh oleh anaknya. Bagaimana perlakuannya kepada ibunya sangat berdampak besar pada perilaku anak saat menjalani hubungan saat dewasa. Sebuah penelitian mengatakan bahwa anak perempuan yang dekat dengan ayahnya cenderung menjalin hubungan yang sehat dengan pasangannya. Sedangkan pada anak laki-laki, kelak ia akan lebih sopan dan menghargai perempuan.

Selain itu, peran ayah-ibu atau dual parenting dapat membuat anak lebih disiplin, berani mengambil risiko, dapat melindungi si kecil serta menjadi temannya. Untuk itu, keterlibatan ayah dalam pengasuhan dan pendidikan sangat berdampak positif.

Untuk mendapatkan soal parenting terupdate lainnya, Anda dapat mengikuti Instagram Makuku.Indonesia.Official. Serta bergabung menjadi membership MAKUKU Family untuk mendapatkan banyak keuntungan lainnya seperti konsultasi gratis dengan para expert dan para dokter yang terpercaya juga menikmati  promo lainnya dari MAKUKU Family.

Penulis: Aqiyu Purbosuli

polasuh

ayah

ayahdananak

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Ruam Popok: Gejala dan Pengobatan yang Harus Anda Ketahui

Ruam popok dapat membuat kulit bayi menjadi merah, melepuh, kering, dan bersisik. Kenali jenis ruam popok pada bayi dan cara mengatasinya di artikel ini

MAKUKU
2022-02-21 11:41:39
0 Comment
GAYA HIDUP
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Kesalahan memilih popok bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga kesehatan bayi, gunakan Makuku Air Diapers yang berbeda dengan popok lainnya

MAKUKU
2021-11-25 11:34:07
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
10 Mall Ramah Anak di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Temukan 10 mall ramah anak di Jakarta dengan fasilitas bermain, hiburan, dan restoran khusus untuk keluarga. Ideal untuk liburan seru bersama si kecil!

MAKUKU
2024-06-03 09:50:34
0 Comment
GAYA HIDUP
5 Wisata Anak di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Jelajahi Serunya Wisata Anak di Jakarta! Temukan Rekomendasi Tempat Liburan Edukatif dan Menghibur untuk Buah Hati Anda.

MAKUKU
2024-05-14 12:32:57
0 Comment