Tips Parenting Yang Bisa Dipelajari dari Kimbab Family

Tips Parenting Yang Bisa Dipelajari dari Kimbab Family

written by : MAKUKU - 11 Sep 2021

Viewed : 17 times  Read duration : Page Views : 1464 times

Moms pernah menonton Kimbab Family?

Kimbab Family merupakan salah satu kanal di YouTube yang berisikan vlog keseharian dari sebuah keluarga di Korea Selatan. Keluarga ini terdiri dari Mama Gina yang berasal dari Indonesia, suaminya Appa Jay dari Korea Selatan, dan ketiga anak mereka; Suji (7 tahun), Yunji (5 tahun) dan Jio (3 tahun).

Menariknya, ada banyak hal lho yang bisa kita pelajari mengenai tips-tips parenting untuk mendidik anak-anak lewat vlog mereka tersebut. Apa saja? Kita simak yuk!

  1. Mengajarkan Pemahaman Multi-Kultural

Suji, Yunji dan Jio tumbuh di keluarga multi-kultural karena memiliki ayah dari Korea Selatan dan Ibu dari Indonesia. Namun baik Mama Gina dan Appa Jay senantiasa memakai bahasa ibu mereka dalam percakapan keluarga. Hal ini membuat ketiga anaknya menyadari asal muasal mereka dan lebih memiliki toleransi antar budaya yang tinggi.

  1. Mendidik Anak-anak untuk Saling Menghargai

Mama Gina dan Papa Jay senantiasa memuji atau menghargai usaha yang sudah dilakukan ketiga anaknya. Hal ini dilakukan mereka untuk mengajarkan anak-anak mengenai pentingnya menghargai usaha dan juga membuat mereka tumbuh jadi anak yang percaya diri.

  1. Saat Anak-anak Nakal atau Berbuat Salah, Waktunya Merenung Diri

Tidak bisa dipungkiri bahwa anak-anak masih bisa melakukan beragam kesalahan. Namun Mama Gina dan Appa Jay membuat momen tersebut menjadi waktu khusus agar anak-anak mereka bisa merenungkan kesalahan mereka. Biasanya Mama Gina dan Appa Jay akan meminta anak-anak untuk merenung diri di kamar sambil memikirkan kesalahan yang mereka buat, apa yang mereka rasakan dan apa yang mereka pelajari dari kesalahan tersebut.

  1. Memperlakukan Anak Laki-laki dan Perempuan dengan Adil

Dengan 2 anak perempuan dan 1 laki-laki, Kimbab Family selalu berusaha mengajarkan kepada anak-anak mereka untuk melihat manusia bukan dari gendernya dan memberikan pemahaman bahwa semua manusia itu setara.

  1. Mengajarkan Anak Untuk Mandiri Sejak Kecil

Terkadang Mama Gina dan Appa Jay melibatkan ketiga anaknya dalam percakapan atau diskusi ringan keluarga. Dengan begini, harapannya anak-anak terbiasa untuk menimbang dan membuat keputusan sehingga bisa melatih pemikiran yang mandiri. Selain itu, mereka juga mengajarkan untuk melakukan ragam aktivitas sendiri, seperti membereskan mainan dan merapikan barang-barang sendiri untuk membentuk kebiasaan mandiri.

Walaupun setiap keluarga unik dan berbeda, ternyata banyak juga ya hal-hal yang bisa kita pelajari dari Kimbab Family untuk diterapkan di keluarga, Moms. Semoga tips ini berguna untuk menjadi inspirasi bagi Moms dalam mengasuh, mendidik dan mengajarkan si Kecil dalam keluarga.

Untuk tips - tips lainnya seputar parenting, Moms bisa ikut bergabung dalam Membership MAKUKU Family ya.

Selain itu temukan beragam produk MAKUKU yang bisa membantu Moms mendukung tumbuh kembang si Kecil di website kami.

Source: Channel Kimbab Family

https://www.youtube.com/channel/UCEbUaLtY-orZLMG9wOLfDLg

orangtua

anakdanorangtua

MAKUKU

parenting

kimbabfamily

korea

polaasuh

MAKUKUFAMILY

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Ruam Popok: Gejala dan Pengobatan yang Harus Anda Ketahui

Ruam popok dapat membuat kulit bayi menjadi merah, melepuh, kering, dan bersisik. Kenali jenis ruam popok pada bayi dan cara mengatasinya di artikel ini

MAKUKU
2022-02-21 11:41:39
0 Comment
GAYA HIDUP
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Kesalahan memilih popok bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga kesehatan bayi, gunakan Makuku Air Diapers yang berbeda dengan popok lainnya

MAKUKU
2021-11-25 11:34:07
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
10 Mall Ramah Anak di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Temukan 10 mall ramah anak di Jakarta dengan fasilitas bermain, hiburan, dan restoran khusus untuk keluarga. Ideal untuk liburan seru bersama si kecil!

MAKUKU
2024-06-03 09:50:34
0 Comment
GAYA HIDUP
5 Wisata Anak di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Jelajahi Serunya Wisata Anak di Jakarta! Temukan Rekomendasi Tempat Liburan Edukatif dan Menghibur untuk Buah Hati Anda.

MAKUKU
2024-05-14 12:32:57
0 Comment