Kesalahan Memilih Popok Bisa Sebabkan Ruam Hingga ISK

Kesalahan Memilih Popok Bisa Sebabkan Ruam Hingga ISK

written by : MAKUKU - 2 Des 2021

Viewed : 49 times  Read duration : Page Views : 563 times

Kesalahan dalam memilih popok yang kurang tepat dapat membuat si kecil tidak nyaman, rewel bahkan dalam jangka panjang dapat memberikan dampak negatif. Salah satunya adalah dampak negatif popok menggumpal pada kulit si kecil. Popok menggumpal dapat memicu berbagai masalah kulit si kecil.

Masalah kulit yang dapat terjadi pada si kecil akibat popok menggumpal adalah ruam popok, iritasi, alergi, hingga infeksi. Hal yang perlu diperhatikan para orang tua adalah pemilihan popok pada kulit anak sensitif. Menurut dr. Rae Fernandez, dokter spesialis anak dari Medi Kids Clinic, menjelaskan bahwa kulit sensitif pada anak adalah kondisi kulit yang mudah mengalami iritasi akibat beberapa faktor seperti kelembaban atau kontak bahan kimia. Biasanya, area sensitif terhadap popok adalah area yang sering tertutup saat menggunakan popok.

“Bagi anak dengan kulit sensitif sebaiknya memilih popok yang memiliki daya serap yang tinggi. Hal ini dapat membantu menjaga kelembaban kulit si kecil.” Tutur dr. Rae Fernandez.

Ruam popok juga meningkatkan peluang penyakit yang lebih serius seperti Infeksi saluran Kemih (ISK). Komplikasi yang paling sering terjadi terhadap penggunaan popok yang salah sehingga menyebabkan ISK yakni sebesar 7-10%. “Gejala umum ISK pada anak meliputi demam, nyeri saat buang urine, hingga urine berdarah,” tambahnya.

Tips memilih popok yang tepat dengan metode ABCDE

Para orang tua tidak perlu cemas atau bingung dalam memilih popok yang tepat untuk kulit bayi yang sensitif. dr. Rae memberikan tips memilih popok yang tepat dengan metode ABCDE, sebagai berikut:

  • Air Out. Memberikan area popok kering di udara terbuka selama mungkin. Memastikan popok kering dan tidak basah, serta memilih popok dengan daya serap yang tinggi dan lembut sehingga membantu mengurangi risiko timbulnya ruam kulit
  • Barier. Mengaplikasikan krim yang mengandung zinc oksida atau petroleum sebagai pelembab untuk melindungi kulit di area popok.
  • Clean. Menjaga area popok tetap bersih dengan cara mengganti popok yang kotor. Pada umumnya, popok diganti 3-4 jam sekali. Dan, bila si kecil buang air besar maka popok harus segara diganti karena  dari feses sendiri bisa menimbulkan infeksi dan iritasi.
  • Disposable diapers. Menggunakan popok sekali pakai dan pastikan kebersihannya terjamin.
  • Educate. Mengedukasi dan mencari informasi bagaimana mencegah ruam popok ibu-ibu.

Cegah masalah kulit bayi dengan Makuku Air Diapers

MAKUKU Air Diapers merupakan popok anti gumpal pertama di Indonesia yang terbuat struktur inti Super Absorbent Polymer (SAP). Struktur inti popok dengan SAP ini dapat membuat popok lebih stabil dalam menyerap dan menampung cairan urin si kecil. Bahkan popok MAKUKU Air Diapers memiliki ketebalan lebih tipis dibandingkan popok lainnya yakni hanya 1,6 mm.

Selain anti gumpal dan super tipis, MAKUKU Air Diapers juga memliki permukaan 3D yang mengurangi kontak dengan kulit bayi sehingga menurunkan risiko ruam popok. Desain 3D ini juga mampu meningkatkan sirkulasi udara pada popok hingga 60%. Sehingga masalah kulit pada bayi akibat pemakaian popok dapat dicegah dengan MAKUKU Air Diapers.

MAKUKU Air Diapers sudah bisa didapatkan di marketplace MAKUKU Official Store di Shopee, Tokopedia, JD.ID, Lazada, BliBli dan lainnya. Yuk, moms and dads lindungi kulit si kecil dengan menggunakan popok berkualitas baik seperti MAKUKU Air Diapers. (Aq/MKK)

ruampopok

popokbayi

MAKUKUAIRDIAPERS

tips

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
AHLI
Mulai Era SAP, MAKUKU Luncurkan Popok Terbarunya

Salah satu cara orang tua dalam memberikan hal terbaik untuk anaknya adalah dengan memilihkan popok yang tepat. Pemilihan popok menjadi sangat penting karena popok dapat berdampak pada perkembangan dan kesehatan si kecil. Efek negatif yang ditimbulkan akibat pemilihan popok yang kurang tepat yaitu ruam popok. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut, MAKUKU berinovasi dengan kembali meluncurkan popok dengan SAP (Super Absorbent Polymer) yang ultra slim.

MAKUKU
2022-03-17 10:42:40
0 Comment
AHLI
Mitos atau Fakta: Hubungan Seks Saat Hamil Tua Bisa Melancarkan Persalinan

Banyak mitos yang beredar di masyarakat mengenai kehamilan. Salah satunya adalah berhubungan seks saat hamil tua bisa memperlancar persalinan. Lalu benarkah demikian?

MAKUKU
2022-01-28 18:40:23
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
AHLI
Perbedaan Dermatitis Popok dan Dermatitis Atopik

Pahami perbedaan antara ruam popok bayi dan dermatitis atopik, serta tips bagi Moms untuk mengatasi kondisi saat Si Kecil mengalaminya.

MAKUKU
2024-02-23 14:22:35
0 Comment
AHLI
Salep Ruam Popok Rekomendasi Dokter

Lindungi kulit bayi dari ruam popok dengan salep rekomendasi dokter. Skin care penting untuk kulit sensitif bayi.

MAKUKU
2024-02-23 11:20:43
0 Comment