Jangan Khawatir, Berikut Tips Ampuh Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi

Jangan Khawatir, Berikut Tips Ampuh Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi

written by : Makuku Family - 11 Jan 2022

Viewed : 13 times  Read duration : Page Views : 23 times

Mengamati pertumbuhan dan perkembangan sang buah hati selalu jadi momentum  yang membahagiakan. Sebagai orang tua, sejak kelahiran sampai pertumbuhan si kecil pastinya membutuhkan perawatan dan perhatian ekstra. Kita perlu memahami cara merawat dan memperlakukan si kecil dengan lembut dan penuh kehati-hatian. Selain perlakuan khusus, Anda tentu juga perlu menyiapkan berbagai perlengkapan dan pakaian bayi yang nyaman dan sesuai dengan usianya. 

Salah satu barang yang perlu Anda perhatikan adalah popok bayi. Penggunaan popok bayi harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan si kecil. Pada awal kelahiran hingga beberapa minggu awal, popok bayi menjadi barang yang amat penting karena digunakan oleh si kecil sepanjang hari. Maka dari itu, tentunya Anda perlu memilih popok bayi yang tepat. Ketika pertama kali menggunakan popok bayi, tidak menutup kemungkinan si kecil akan mengalami ruang pada kulit.

Ruam kulit akibat penggunaan popok bayi biasanya terjadi di area kulit yang tertutup popok. Biasanya, ruam kulit muncul karena pemakaian popok terlalu lama atau karena bagian dalam popok yang lembab sehingga membuat kulit menjadi iritasi. Ruam popok bisa terlihat dari warna kulit yang menjadi kemerahan, kering, dan nampak seperti melepuh. Ruam kulit biasa terjadi di area paha dan bokong. Ruam popok ini bisa sangat mengganggu si kecil, sebab akan terasa perih jika disentuh atau bergesekan dengan celana dan popok. Oleh sebab itu, Anda perlu mencegah munculnya ruam popok pada bayi. 

Ada beberapa cara mengatasi ruam popok, salah satunya adalah dengan menggunakan popok yang memiliki daya serap tinggi. Ingin tau cara lainnya? Yuk catat beberapa tips berikut ini terkait cara mengatasi ruam popok pada bayi!

Gunakan Popok Berdaya Serap Tinggi

Cara pertama yang bisa Anda coba untuk mencegah dan mengatasi ruam popok adalah dengan memilih popok yang memiliki daya serap tinggi. Salah satu penyebab ruam adalah penggunaan popok yang lembab sehingga menimbulkan iritasi pada kulit bayi. Popok yang lembab ini disebabkan karena kurang maksimalnya daya serap popok. 

Hal ini membuat urine dan kotoran tidak terserap dengan baik. Ada cara yang bisa Anda coba untuk mengetahui efektivitas daya serap popok. Anda bisa menuangkan air ke dalam popok, kemudian gunakan tisu untuk menyeka permukaan popok. Popok yang bagus harus memiliki daya serap yang baik pada siang atau malam hari.

Jangan Gunakan Popok yang Terlalu Ketat

Tips kedua untuk mengatasi ruam popok yaitu gunakanlah ukuran popok yang pas dengan bayi Anda. Dalam memilih popok bayi, Anda perlu menyesuaikan dengan berat badan dan lingkar pinggang si kecil. Menggunakan popok yang terlalu longgar akan membuat si kecil merasa tidak nyaman dan popok tidak akan berfungsi dengan baik. Sebaliknya, menggunakan popok dengan ukuran yang terlalu sempit berpotensi membuat kulit bayi mengalami luka dan iritasi akibat bergesekan dengan permukaan popok. 

Kulit bayi yang lembut dan sensitif membutuhkan perhatian ekstra. Selain itu, apabila Anda ingin membeli banyak popok sekaligus, pastikan Anda tidak membeli satu ukuran saja. Sebab, si kecil akan mengalami pertumbuhan sehingga mungkin saja membutuhkan ukuran popok yang lebih besar.

Ganti Popok Secara Teratur

Tips selanjutnya yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi ruam pada bayi yaitu gantilah popok secara teratur. Popok yang digunakan tentunya mempunyai masa pakai yang berbeda. Menggunakan popok terlalu lama dan melebihi masa pakainya bisa membuat kulit bayi mengalami ruam. Ruam tersebut bisa menjadi semakin parah jika terkena popok yang kotor akibat pemakaian yang lama. 

Oleh karenanya, jika si kecil menggunakan popok sekali pakai, Anda perlu rutin mengecek dan mengganti popok. Kemudian, jika menggunakan popok kain, pastikan Anda sudah mencuci dan membilasnya dengan bersih. Sisa sabun yang menempel di permukaan popok juga bisa menimbulkan iritasi kulit.

Pastikan Kulit Bayi Kering dan Bersih

Tips berikutnya untuk mengatasi ruam popok adalah dengan menjaga kulit si kecil tetap kering dan bersih. Ketika kulit bayi mengalami ruam, Anda perlu menyekanya dengan handuk halus secara perlahan. Jangan gunakan kain yang kasar atau tisu basah yang mengandung alkohol atau bahan kimia lain. Pastikan area kulit yang mengalami ruam dalam keadaan kering dan bersih. Disamping itu, sesekali Anda juga bisa memberikan ruang kepada kulit bayi untuk bernapas dengan tidak memakaikan popok sementara waktu.

Jika Pup, Ganti Popok Sesegera Mungkin

Tips selanjutnya yang bisa Anda terapkan adalah dengan mengganti popok sesegera mungkin apabila si kecil pup. Meskipun popok yang digunakan mempunyai daya serap yang tinggi, sebaiknya segeralah ganti popok jika si kecil pup. Hal tersebut penting untuk Anda lakukan, jika tidak hal tersebut bisa menyebabkan kulit bayi terkena bakteri sehingga menimbulkan iritasi dan ruam pada kulit. 

Setelah mengganti popok, pastikan Anda juga membersihkan atau membasuh kulit bayi dengan air hangat dengan lembut dan perlahan. Jangan lupa untuk mengeringkan kulit bayi dengan handuk atau kain yang halus dan lembut.

Gunakan Salep Untuk Ruam

Tips lain yang bisa Anda terapkan apabila kulit si kecil sudah mengalami ruam, yaitu Anda bisa mengoleskan salep atau krim kulit. Anda bisa menggunakan salep yang mengandung zinc untuk melindungi bagian kulit yang ruam dari gesekan celana dan menghindari kontaminasi bakteri. Oleskan salep secara perlahan dan tipis-tipis di permukaan kulit yang mengalami ruam. Anda bisa membeli salep ruam kulit ke apotek atau datang langsung ke dokter untuk berkonsultasi lebih lanjut.

Itulah beberapa tips ampuh mengatasi ruam popok pada bayi. Pastikan Anda sudah memilih popok dengan ukuran yang sesuai, mengganti popok secara rutin, dan menjaga kulit bayi tetap kering dan bersih. Untuk mencegah munculnya ruam kulit, Anda perlu memilih popok yang lembut dan mempunyai daya serap yang tinggi. Anda bisa memilih popok bayi MAKUKU Air Diapers. Popok bayi yang satu ini menggunakan bahan yang anti gumpal, super tipis, kemampuan penyerapan yang cepat dengan daya tampung maksimal, memiliki struktur 3D, dan sirkulasi udara yang baik untuk kenyamanan si kecil. Selain itu, MAKUKU Air Diapers memiliki stabilitas yang baik dalam menyerap cairan serta tidak ada osmosis baik. MAKUKU Air Diaper sangat cocok digunakan oleh bayi karena bisa memberikan kenyamanan dan fungsi yang maksimal untuk si kecil.

ruampopok

popokbayi

tips

popokberkualitas

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
Gaya Hidup
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Popok merupakan kebutuhan bayi yang harus diperhatikan para orang tua. Pemilihan popok yang tidak tepat bisa memengaruhi Kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga Kesehatan dan kenyamanan bayi bergerak, para orang tua bisa memilih Makuku Air Diapers. Makuku Air Diapers adalah popok nyaman anti gumpal dengan struktur inti SAP yang tidak dimiliki oleh popok lainnya.

Makuku Family
2021-11-25 10:34:07
7 comments
Gaya Hidup
Terobosan Terbaru Popok SAP PIlihan Orang Tua Indonesia

Pemilihan dan penggunaan popok akan selalu hangat diperbincangkan oleh orang tua. Mulai dari tipe popok, ukuran yang sesuai, bahan popok yang aman seperti apa, kapan harus ganti popok hingga masalah ruam popok. Banyak orang tua terutama orang tua baru atau milenial yang mengharapkan hadirnya popok dengan inovasi serta terobosan terbaru untuk melindungi kulit bayi secara optimal.

Makuku Family
2022-02-11 16:22:18
7 comments

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
Gaya Hidup
Tantangan Ibu Bekerja: Susahnya Menyeimbangkan Karir dan Kehidupan

Menjadi ibu sekaligus wanita karir tidaklah mudah. Banyak kendala yang sebenarnya dialami oleh ibu bekerja ini. Tidak sedikit ibu bekerja yang mengaku kesulitan dalam menyeimbangkan karir dan kehidupan. Terlebih untuk membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga. Ditambah lagi, pandangan orang terhadap ibu bekerja, juga masalah pribadi yang harus dilewatinya.

Makuku Family
2022-07-01 09:39:40
7 comments
Gaya Hidup
Hari Keluarga Nasional 2022: Pentingnya Mencegah Stunting

Hari Keluarga Nasional atau Harganas diperingati setiap tanggal 29 Juni. Harganas merupakan perwujudan pentingnya arti keluarga terhadap upaya memperkuat ketahanan nasional. Sebagai institusi terkecil dalam masyarakat, keluarga menjadi pondasi penting awal pembangunan karakter bangsa.

Makuku Family
2022-06-29 15:05:30
7 comments